Pengertian Produksi, Tahapan Proses Produksi

Produksi. Memahami barang produksi dan barang yang langsung dari alam, maka kamu akan mengerti apa itu pengertian produksi dan Tahapan Proses Produksi.

Pada zaman-zaman sebelum adanya teknologi, barang-barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia bisa langsung diambil dari alam tanpa harus perjuangan yang berarti, karena barang kebutuhan hidup melebihi jumlah penduduk dan juga pada waktu itu kebutuhan masyarakat masih tergolong sederhana atau sedikit tidak seperti zaman kita sekarang ini.
Dengan pertambahan penduduk serta tumbuh kembangnya teknologi yang berlangsung terus menerus menyebabkan kebutuhan hidup manusia semakin berubah dan bertambah banyak. Sedangkan sumber daya alam yang ada bahkan semakin kurang jumlahnya. Dengan demikian maka barang-barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tidak bisa langsung diambil dari alam, melainkan melalui proses produksi terlebih dahulu. Lain halnya dengan masyarakat yang masih hidup di alam terpencil yang masih banyak hasil alam daripada penduduknya.

Pengertian Produksi

Pengertian produksi jika ditinjau secara sederhana adalah petani yang menanam padi pada sepetak sawah. Dalam waktu 3 atau 4 bulan para petani tersebut sudah dapat memanennya.

Jika kamu sekarang adalah seorang pelajar tentunya setiap waktu sekolah memerlukan pensil, penggaris, karet penghapus, pulpen, serta yang lain-lainnya. Apakah sempat terpikirkan olehmu bagaimana barang-barang yang kamu perlukan tersebut bisa ada?
Proses apakah yang dilaluinya hingga bisa memenuhi keperluan sekolahmu?
Jadi, kegiatan membuat barang-barang atau jasa tersebut disebut dengan produksi. Dalam hal produksi sangat erat kaitannya dengan kegunaan suatu barang. Orang akan memproduksi suatu barang jika ada gunanya atau memiliki nilai manfaat. Produksi juga bisa dikatakan sebagai suatu kegiatan untuk menambah nilai guna sebuah barang atau jasa. Maka secara umum produksi dapat diartikan sebuah kegiatan membuat atau menambah nilai guna suatu barang.

Di dalam produksi ada tahap-tahap yang dilaluinya hingga akhirnya menghasilkan sebuah barang yang bermanfaat. Secara sederhana ada tiga tahap proses produksi.
1. Input. Memasukan bahan baku.
2. Transformasi. Yaitu proses penggabungan bahan baku dengan campuran lainnya.
3. Output. Hasil akhir dari barang/jasa.


Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Ekonomi, Istilah Konsumsi, Barang Konsumsi, Ciri Barang Konsumsi, Barang Modal

Kegiatan Ekonomi dan Para Pelakunya

Pengertian dan Tujuan Konsumsi