Kegiatan Ekonomi, Istilah Konsumsi, Barang Konsumsi, Ciri Barang Konsumsi, Barang Modal

Kegiatan Ekonomi


Konsumsi. Istilah konsumsi dalam kehidupan sehari-hari biasanya dikaitkan dengan keperluan makanan dan minuman didalam sebuah kegiatan tertentu seperti pesta perkawinan, acara keagamaan ataupun acara-acara lain. Sebagai penyelenggaranya yaitu seksi konsumsi yang bertugas untuk mengatur ketersediaan makanan dan minuman untuk para tamu.
Akan tetapi dalam ilmu ekonomi pengertian konsumsi tidak hanya sebatas makanan dan minuman, jauh dari itu menyangkut segala kebutuhan hidup di masyakarat luas, baik kebutuhan bersifat jasmani maupun kebutuhan rohani.
Pengertian konsumsi dalam ilmu ekonomi adalah penggunaan barang dan jasa yang ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kebutuhan hidup yang ada di masyarakat begitu banyak jenis dan ragamnya. Diantaranya adalah makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan, hiburan, ketenangan, kenyamanan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam tersebut maka di perlukankanlah barang dan jasa.

Ciri Barang Konsumsi. simaklah Point-point berikut agar kamu lebih memahami apa yang di maksud dengan barang konsumsi.

1) Barang yang dikonsumsi yaitu barang yang dihasilkan oleh manusia. Penggunaan tanah, udara, sinar matahari, dan lain sebagainya yang merupakan barang dari hasil alam tidaklah termasuk dalam pengertian konsumsi.

2) Barang yang dikonsumsi ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Penggunaan cangkul, gergaji, mesin, bangunan kantor, dan barang modal lainnya pada hakikatnya ditujukan untuk menghasilkan barang atau jasa sehingga tidak termasuk dalam pengertian konsumsi.

3) Barang yang dikonsumsi akan habis atau mengalami penyusutan sedikit demi sedikit yang pada akhirnya tidak bisa dimanfaatkan lagi.
Dari point-point tersebut maka jelaslah bagi kita bahwa barang-barang yang dapat langsung digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup disebut barang konsumsi.

Barang-barang konsumsi dapat dibagi menjadi dua jenis :
1) Barang yang bisa dipakai sekali saja, contohnya makanan, minuman, obat-obatan, intinya habis sekali pakai.
2) Barang yang dapat dipakai berulang-ulang, seperti pakaian, perabotan rumah, kendaraan, perhiasan. Jenis barang seperti itu akan mengalami penyusutan secara berangsur-angsur, atau fungsinya semakin berkurang sehingga akhirnya tidak dapat digunakan lagi.

Tujuan dari kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung. Maka bisa diartikan bahwa penggunaan barang diluar tujuan tersebut tidak bisa digolongkan kedalam kegiatan konsumsi. Sebagai ilustrasinya suatu kendaraan dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi sipemilik kendaraan maka ini termasuk barang konsumsi, akan tetapi apa bila kendaraan tersebut disewakan kepada pihak lain makan barang ini tidak lagi termasuk barang konsumsi.Kasus seperti ini bisa juga terjadi pada rumah, perabotan, tanah, alat pesta dan jenis lainnya kalau disewakan pada orang lain maka hasilnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kalau penggunaannya demikian maka jadilah barang tersebut sarana produksi atau barang modal.


Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Ekonomi dan Para Pelakunya

Pengertian dan Tujuan Konsumsi